Apa itu Domain: Cara Kerja, Jenis, dan Pengertiannya?

Domain adalah istilah yang tidak asing lagi di dunia internet. Sebuah domain seperti nama yang membuatnya unik. Domain tidak boleh sama, tetapi berbeda satu sama lain.

Halaman Pandi menyatakan bahwa domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server komputer. Domain memudahkan untuk menemukan akses ke alamat web Anda. Nama domain yang menggunakan alfabet lebih mudah diingat daripada serangkaian angka yang disebut alamat Internet Protocol (IP).

Domain sering disebut sebagai URL atau alamat web. Nama domain bertindak seperti jalan pintas ke server yang mengalirkan web.

Situs web sebenarnya memiliki alamat IP sendiri, dan perangkat ini bekerja dengan mengetahui nomor tertentu, sehingga komputer Anda dapat mengakses situs web. Namun, menggunakan alamat IP menjadi tidak nyaman untuk diingat, sehingga nama domain yang lebih sederhana telah dibuat.

Siapa pun dapat memiliki domain dengan mengunjungi halaman dukungan Google. Individu atau institusi dapat membeli nama domain dengan mendaftar ke registrar. Registrar adalah perusahaan yang menjual nama domain yang bukan milik Anda. Selain itu, sebagian besar perusahaan ini juga menawarkan hosting domain.

Selain itu, pendaftar dapat memiliki nama domain pilihan yang tidak digunakan oleh pihak lain. Nama domain dapat dipinjam dengan biaya tahunan biasa.

Selain domain, ada juga istilah subdomain. Subdomain adalah bagian dari domain utama. Misalnya, mail.google.com, mail.yahoo.com. Subdomain sering dibuat untuk membantu Anda mengingat alamat halaman web yang merupakan bagian dari domain tingkat atas (top-level domain).

Selain itu, mengutip dari laman Diskominfo Kabupaten Pangkep, domain tersebut memiliki kode tertentu dengan nama yang berbeda.

Misalnya untuk sekolah dan universitas, gunakan domain bersufiks ac.id. Kode “ac” mewakili domain institusi atau universitas, dan “id” adalah domain unik jaringan Indonesia.

Penandaan khusus bidang sangat berbeda. Kode bidang yang tersedia saat ini meliputi:

.go.id: Instansi Pemerintah Indonesia
.co.id: perusahaan atau institusi yang beroperasi di Indonesia
.or.id: organisasi nirlaba Indonesia
.web.id: Institusi informal atau swasta untuk warga negara Indonesia
.net.id: Untuk situs internet organisasi/umum
.sch.id: Untuk institusi sekolah di Indonesia
.ac.id: Lembaga Akademik Indonesia (Perguruan Tinggi)
.com: Situs web untuk penggunaan komersial
.id: Untuk website di Indonesia
.gov: Situs web nasional
.mil: situs web militer

Semoga informasi yang powershift2016.org bagikan bisa bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment